Dunia berkembang dengan sangat cepat dan semakin kompetitif. Meskipun membuka banyak sekali peluang bagi banyak orang, namun mereka yang enggan bergerak dan berubah akan tersingkir dari perkembangan zaman. Kami percaya bahwa anak muda Indonesia terutama Gen Z memiliki potensi yang baik. Mereka cerdas, kreatif, dan mudah beradaptasi. Namun sayangnya, sering kali bangku sekolah belum bisa mengakomodasi karakter Gen Z yang unik ini.

Di Youth Leadership Development Program, peserta yang terdiri dari Gen Z akan mengikuti program pelatihan soft-skills dan pengembangan diri selama 3 bulan yang akan dipandu oleh mentor dan fasilitator. Materi yang akan didapatkan peserta mengacu pada skill-set yang  perlu dimiliki oleh anak muda berdasarkan temuan World Economics Forum.

Nantinya, akan ada 5 kompetensi utama yang akan kita latih dan kembangkan kepada gen Z, yaitu:

1. Leadership & Communication Skills

Dengan kecerdasan dan kreativitas yang mereka miliki, Gen Z memiliki peluang menjadi pemimpin yang baik di masa depan. Disini, kita akan belajar hal-hal esensial yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Selain itu, kita juga akan belajar tentang kiat memberikan komunikasi yang baik agar bisa menyampaikan ide dan pendapat didepan umum dengan lebih meyakinkan.

2. Problem Solving & Creative Thinking

Dunia industri dan bisni berkembang dengan sangat pesat. Hal ini membuat masalah akan selalu muncul dihadapan kita, terutama masalah-masalah yang bersifat kompleks. Diperlukan alur berfikir strategis dan taktis untuk bisa mengatasi masalah tersebut, yang tentunya kemampuan ini perlu untuk dilatih sejak dini. Dalam mempelajari kompetensi ini, kamu akan dihadapkan pada suatu studi kasus bisnis real yang perlu kamu selesaikan. Bersiaplah untuk diberikan challange yang unik dari fasilitator!

3. Stress Tolerance & Conflict Management

Tidak bisa dipungkiri, persaingan yang serba ketat akan membuat banyak anak muda mengalami stress dan rawan memicu konflik di tempat kerja, di lingkungan sosial, dan lingkungan bisnis. Stress dan konflik hal yang tidak bisa dihindari, tapi bisa kita minimalisir dan antisipasi agar tidak menimbulkan masalah besar di kemudian hari.

4. Self Development

Leader is a learner, disini kita akan membahas berbagai hal yang perlu dilakukan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Kamu akan diberikan berbagai kiat untuk menjadi efektif dalam mengelola waktu hingga mewaspadai hal-hal yang mungkin membuatmu tidak produktif.

5. Financially Smart

Tahukah kamu bahwa banyak pekerja muda yang tidak menabung untuk masa tua, tidak berinvestasi, dan sering terjebak pinjaman kredit? Ilmu tentang keuangan jarang sekali diajarkan disekolah, sehingga ketika mulai bisa mendapatkan uang sendiri, banyak orang ceroboh menggunakannya.Hal ini berakhir pada penyesalan di masa tua. Memiliki pengetahuan tentang keuangan yang baik adalah bekal yang akan sangat bermanfaat dikemudia hari.

Disini, kita akan membahas serba serbi perencanaan keuangan, mulai dari menabung, berinvestasi di berbagai instumen investasi, hingga memiliki dana proteksi.